Skin

Mengenal Lebih Dekat Skin Barrier dan Cara Merawatnya

Categories SkinTags , , ,

Memiliki kulit yang selalu sehat tentu merupakan dambaan setiap orang khususnya wanita, karena akan membuat penampilan terlihat segar dan bercahaya. Namun terkadang hal ini sulit didapat, apalagi jika kulit setiap harinya harus bertemu dengan polusi. Efek berbahaya dari lingkungan inilah yang memunculkan skin barrier.

Mungkin sebelumnya kamu pernah mendengar istilah ‘skin barrier’, tapi apakah kamu sudah tahu tentang penjelasannya? Baca selengkapnya di bawah ini ya!

Apa itu Skin Barrier?

Kulit memiliki tiga lapisan utama, yaitu epidermis, dermis, dan hypodermis. Skin barrier ini mengacu pada lapisan kulit terluar (epidermis) yang membantu melindungi kulit dari bahaya lingkungan (polusi, bahan kimia beracun, sinar UV), menahan kelembapan, serta mencegah kulit agar tidak mengering.

Apa yang Terjadi bila Skin Barrier Rusak?

Bila lapisan kulit terluar ini rusak, maka terdapat beberapa pengaruh negatif dari luar kulit akan menimbulkan beberapa masalah seperti:

  • Dehidrasi
  • Kemerahan
  • Gatal
  • Kulit menyengat
  • Jerawat
  • Komedo
  • Minyak berlebih
  • Penuaan (keriput dan garis halus)

Apa Penyebab Skin Barrier Rusak?

Ada beberapa faktor penyebab rusaknya skin barrier:

Faktor internal

Kondisi kulit tertentu dapat memicu kerusakan skin barrier pada wajah. Salah satu contohnya adalah rosacea, dimana masalah kulit ini ditandai dengan kulit kering, kemerahan, pembuluh darah semakin jelas, serta timbulnya bintil putih yang berisi nanah.

Faktor eksternal

Selain dari faktor internal skin barrier juga bisa terjadi akibat pengaruh luar, seperti kesalahan penggunaan produk maupun kosmetik, eksfoliasi secara berlebihan, polusi, stres, paparan sinar UV, serta pola makan yang buruk.

Bagaimana Cara Mengatasi Skin Barrier yang Rusak?

Bila tak mau terus-menerus skin barrier ini kamu alami sebaiknya perhatikan produk skincare yang kamu pakai serta beberapa hal di bawah ini:

1. Bersihkan wajah

Perawatan kulit yang efektif diawali dengan membersihkan wajah yang benar. Mulailah dengan membersihkan wajah di pagi hari, dan tutup aktivitas malammu sebelum tidur dengan kembali membersihkan wajah. Jangan lupa, carilah pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu.

2. Gunakan serum wajah

Serum adalah produk tepat yang bisa ditargetkan untuk mengatasi masalah kulit. Bila kamu ingin mengatasi tanda penuaan, kamu bisa memakai serum anti-aging yang dipercaya mampu menyamarkan garis halus dan kerutan. Namun untuk mendapatkan kulit cerah, bisa menggunakan dengan serum vitamin C.

3. Pelembap

Setelah menggunakan serum, jangan lupakan pelembap. Gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit. produk juga berfungsi mengunci kelembapan kulit agar tetap terhidrasi dengan baik.

4. Tabir surya

Langkah terakhir ini sangatlah penting. Selalu gunakan tabir surya sebelum beraktivitas  dimananpun, baik siang maupun malam hari. Pasalnya, radiasi sinar UV ini akan tetap tembus meskipun kamu di dalam ruangan. Carilah tabir surya dengan SPF minimal 30.

5. Hindari scrub

Hindari pengelupasan fisik atau eksfoliasi kulit selama skin barrier masih meradang. Karena biasanya perawatan ini menggunakan sikat atau scrub yang terlalu keras. Bila tetap dipaksakan, khawatir akan memperparah keadaan serta memicu iritasi.

Itulah berbagai informasi tentang skin barrier yang harus kamu ketahui. Setelah ini coba cek kondisi kulitmu bila terdapat tanda-tanda dari skin barrier, lakukan tips seperti di atas.

Share via
Bitnami