Skin

Hindari 5 Gaya Hidup yang Memicu Kerutan

Categories SkinTags , ,

Kerutan di wajah adalah salah satu ketakuan bagi banyak orang terutama para wanita. Banyak dari mereka yang rela melakukan perawatan anti-aging agar wajahnya tetap terlihat awet muda. Namun kerutan sendiri merupakan sifat alami yang akan muncul saat usia semakin bertambah. Selain itu paparan sinar matahari juga bisa membuat tanda penuaan ini lebih cepat terlihat.

Bila kamu tak ingin mengalami penuaan dini, sebaiknya segera hindari beberapa gaya hidup yang memicu kerutan berikut ini.

1. Merokok

Bagi sebagian orang merokok adalah bagian dari kebiasaan. Oleh sebab itu tak heran jika banyak yang bisa menghisap beberapa batang tembakau setiap harinya.

Padahal racun yang terkandung di dalamnya dapat mempercepat proses penuaan pada kulit.  Selain itu, bahan kimia dari asapnya ini akan memecah elastisitas dan kolagen. Untuk itu efek jangka panjangnya adalah kerutan di wajah akan lebih cepat terlihat.

2. Minuman alkohol

Alkohol tak hanya buruk bagi kesehatan, mengonsumsinya akan membuat peminumnya semakin dehidrasi karena memiliki sifat diuretik. Tak hanya menyerap kelembapan alami kulit, minuman keras ini akan memicu garis halus maupun kerutan. Oleh sebab itu, sebaiknya cobalah untuk meninggalkan minuman alkohol agar kulit wajahmu tetap terlihat fresh dan awet muda.

3. Kurang berolahraga

Siapapun tentu sepakat dengan kalimat ‘olahraga dapat menyehatkan tubuh dan kulit’. Tapi kenyataanya tak sedikit yang masih merasa malas untuk mempraktikannya. Padahal aktivitas yang mengeluarkan keringat ini bisa dilakukan dimana saja, termasuk di dalam rumah.

Dengan rutin menggerakan tubuh, maka kulit tubuh dan wajah akan tetap kencang, karena olahraga memiliki sifat yang dapat meremajakan kulit. Mulai sekarang, yuk luangkan waktu untuk berolahraga setiap minggunya.

4. Kurang tidur dan salah posisi tidur

Setelah seharian beraktivitas, tubuh tentunya membutuhkan istirahat dengan cara tidur. Meskipun hal ini adalah hak yang seharusnya di dapatkan oleh setiap tubuh, namun sayangnya masih banyak yang menanggap sepele.

Saat tidur, kulit secara otomatis akan beregenerasi dengan sendirinya. Jadi bisa dibayangkan bila kamu hanya tidur beberapa jam saja, maka waktu regenerasi kulit akan berkurang. Efeknya tanda penuaan pun lebih cepat muncul.

Selain itu posisi tidur juga bisa menyebabkan kerutan, terutama bila tidur dengan posisi wajah ditempelkan ke bantal. Tekanan inilah yang secara tidak langsung akan memperlihatkan garis-garis halus. Solusinya biasakan untuk tidur dengan posisi terlentang.

5. Malas pakai tabir surya

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, bila sinar matahari adalah salah satu pemicu utama penuaan di wajah. Jadi bila kamu masih juga merasa malas untuk memakai tabir surya, jangan heran bila nantinya kerutan di wajah akan lebih cepat muncul.

Itulah 5 gaya hidup yang memicu kerutan yang ternyata mungkin masih sering kamu lakukan. Nah mulai sekarang segera jauhi hal-hal tersebut, untuk tetap memiliki kulit yang sehat dan tampak awet muda.

Share via
Bitnami