Skin

Enggak Ribet Kok! Inilah Basic Skincare Routine Untuk Pemula

Categories SkinTags , ,

Pernah mendengar 10 step skincare routine? Cara merawat kulit ini datangnya dari negara Korea. Sesuai dengan namanya, produk yang akan dipakai jumlahnya adalah 10. Ada pembersih wajah, toner, serum, pelembap, dan masih banyak lagi.

Namun bagi para pemula, mungkin jumlah skincare yang banyak ini akan terasa repot. Untuk itu bila kamu ingin mencobanya, sebaiknya ikuti basic skincare routine terlebih dahulu.

1. Cleansing atau pembersih wajah

Setiap harinya kulit akan bersentuhan dangan polusi udara serta paparan sinar matahari. Untuk itu mencuci wajah menjadi langkah mendasar dalam merawat kulit. Bersihkan wajahmu setidaknya dua kali sehari, yaitu saat pagi dan malam hari menjelang tidur.

Temukan formula yang tepat di dalam sabun pembersih wajah, yang disesuaikan dengan jenis kulit. Untuk kulit berminyak disarankan menggunakan sabun pembersih bertekstur foam. Bila kulit kering tekstur cream atau lotion. Sedangkan kulit sensitif sebaiknya memakai sabun bertekstur oil.

2. Toner

Toner merupakan basic skincare selanjutnya yang disarankan bagi para pemula. Produk ini dipakai setelah kamu membersihkan wajah. Manfaatnya dapat meneyimbangkan pH kulit, mengecilkan pori-pori, menghaluskan kulit, serta memastikan kotoran di wajah benar-benar terangkat.

Produk ini teksturnya cair dan terasa ringan di kulit. Cara pemakaiannya dengan di tuang ke kapas, lalu di tap-tap lembut ke seluruh wajah.

Beberapa kandungan yang ada di dalam toner diantaranya:

  • Alpha and beta hydroxy acids (AHA/BHA), untuk mengangkat sel kulit mati dan mengatasi kulit kusam.
  • Hyaluronic acid, untuk meningkatkan hidrasi kulit dan melawan garis halus.
  • Rose water & green tea, memiliki efek anti-inflamasi untuk menenangkan iritasi dan mengurangi kemerahan.
  • Vitamin E & C, untuk melawan radikal bebas yang dapat memicu tanda-tanda penuaan.

3. Moisturizer atau pelembap

Setiap jenis kulit membutuhkan pelembap, begitu juga dengan kulit berminyak. Produk ini bisa dipakai setelah penggunaan toner. Fungsi utama dari moisturizer adalah untuk mencegah kehilangan air melalui lapisan kulit terluar.

Kamu bisa memilih pelembap sesuai dengan jenis kulit, dimana untuk kulit normal atau kombinasi disarankan memakai pelembap bertekstur lotion. Kulit berminyak memakai gel moisturizer, dan kulit kering sebaiknya memakai pelembap krim. Sedangkan kulit sensitif sebaiknya memilih pelembap ringan dan bebas minyak agar tidak menyumbat pori-pori.

4. Sunscreen atau tabir surya

Langkah terakhir adalah mengaplikasikan tabir surya. Produk ini adalah pelindung utama kulit dari bahaya radiasi sinar ultraviolet (UV). Pilihlah tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30 atau lebih tinggi. Gunakan 10 menit sebelum kamu menjalani aktivitas.

Kamu dapat memilih tabir surya berbahan dasar air atau aqua, bila ingin terasa ringan. Selain itu hindari penggunaan krim yang bisa meninggalkan white cast atau gumpalan putih di wajah.

Nah kini kamu sudah tahu kan apa saja skincare routine yang harus disiapkan? Produk-produk tersebut sangat mudah didapat serta bisa digunakan dengan waktu yang singkat.

Setelah ini yuk cobain basic skincare routine agar kesehatan kulitmu tetap terjaga.

Share via
Bitnami