Hair & Body

Waspada! Perubahan Pada Kuku Pertanda Kondisi Kesehatan

Categories Hair & BodyTags , , ,

Pernah mengalami perubahan kuku tanpa diketahui sebabnya? Coba waspada ya! Pasalnya, perubahan pada kuku yang kamu alami bisa menjadi pertanda kondisi kesehatan kamu lho!

Perubahan kuku tidak hanya sekedar warnanya menguning, menebal, atau bintik putih saja, masih ada beragam perubahan pada kuku lainnya yang perlu kamu perhatikan. Nah, langsung simak selengkapnya di bawah ini ya!

1. Kuku yang menguning 

Kuku yang menguning bisa disebabkan oleh bermacam hal. Penyebab paling umum adalah penggunaan produk kuku atau seorang perokok. Selain itu, kuku yang menguning juga seringkali dikatikan dengan adanya infeksi jamur.

Segera hentikan beberapa kebiasaan buruk yang dapat membuat kukumu menguning ya!

2. Kuku rapuh dan mudah patah

Tak hanya faktor penuaan, paparan bahan kimia seperti cat kuku juga dapat menyebabkan kondisi kuku rapuh dan mudah patah. Kondisi lain seperti infeksi jamur, psoriasis, hingga gangguan pada kelenjar tiroid juga bisa menjadi penyebabnya.

3. Kuku yang menebal

Pernah merasa kuku kamu menjadi tambah tebal? Kondisi ini dapat terjadi akibat adanya infeksi jamur atau psoriasis. Jika kuku yang menebal diserta dengan perubahan warna pada kuku seperti kekuningan, hal ini juga kemungkinan pertanda masalah pada paru-paru. Catet tuh!

4. Garis putih

Memiliki garis atau bintik-bintik pada kuku merupakan hal umum yang biasa terjadi. Akan tetapi, ini juga bisa menjadi pertanda jika kamu sedang kekurangan zat protein lho!

Selain itu, tanda kekurangan gizi serta penyakit hati juga bisa menjadi penyebabnya. 

5. Kuku yang melengkung

Kuku yang melengkung ke atas seperti sendok juga merupakan pertanda bagi kondisi kesehatanmu. Pasalnya, kondisi ini disinyalir adanya anemia defisiensi besi (ADB).

Nah selain itu, ‘kuku sendok ini’ dapat menjadi pertanda beberapa penyakit lain seperti penyakit hipotiroidisme, dan jantung.

Setelah ini, jangan lagi mengabaikan perubahan pada kuku yang kamu alami ya! Jika tak kunjung membaik, tak ada salahnya bukan untuk melakukan konsultasi ke dokter.

Share via
Bitnami