Skin

Manfaat dan Efek Samping Chemical Peeling

Categories SkinTags , , ,

Salah satu perawatan wajah yang punya banyak peminat adalah chemical peeling. Selain di wajah, perawatan ini juga bisa dilakukan pada tangan dan juga leher. Biasanya ini dilakukan untuk memperbaiki penampilan kulit, seperti kerutan, flek hitam, bekas jerawat, hiperpigmentasi, serta warna kulit yang tidak merata.

Namun dibalik kemampuannya dalam mengatasi masalah kulit, terdapat efek samping yang akan diterima oleh kulit. Berikut informasi selengkapnya. 

Fakta tentang Chemical Peeling

Chemical peeling atau pengelupasan dengan bahan kimia ini bekerja dengan cara merusak kulit secara terkontrol. Meskipun nantinya meninggalkan luka, namun porsi lukanya masih dalam kategori dangkal.

Perawatan kulit yang satu ini bertujuan untuk memperbaiki kerusakan dan juga penampilan kulit. Jenis bahan kimia yang dipakai selama perawatan akan disesuai dengan masalah kulit yang dialami. Dari sekian banyaknya masalah kulit yang ada, kerusakan kulit akibat sinar matahari adalah yang paling cepat merespon bila menggunakan prosedur ini.

Manfaat Chemical Peeling

1. Mengurangi garis halus dan kerutan

Chemical peeling akan mengurangi tampilan garis halus, dengan menghilangkan lapisan kulit terluar. Nantinya lapisan kulit yang baru akan terlihat lebih halus serta terhindar dari kerutan.

2. Memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari

Radiasi dari sinar matahari adalah penyumbang tersebesar dari tanda-tanda penuaan. Bila krim tabir surya dirasa tidak bisa mengatasi masalah ini, maka mungkin saatnya kamu mengambil tindakan chemical peeling.

Perawatan ini akan membantu memperbaiki kerusakan kulit baik di wajah, tangan, dan leher yang rusak karena paparan sinar matahari.

3. Mengatasi jerawat

Sebuah penelitian mengungkap, jika chemical peeling yang mengandung asam salisilat yang dapat mengurangi jerawat sebenar 47-75%. Prosesnya tidak akan berlangsung secara instan, namun jerawat akan hilang secara bertahap.

4. Meningkatkan warna dan tekstur kulit

Chemical peeling juga bisa meningkatkan warna dan tekstur kulit agar semakin merata. Ini disebabkan karena bahan kimia yang digunakan dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Efek Samping Chemical Peeling

Meskipun chemical peeling termasuk dalam kategori perawatan modern, namun hasilnya tidak akan langsung instan. Selain itu perawatan ini akan meninggalkan efek samping seperti:

  • Jaringan parut
  • Kulit memerah
  • Rasa perih
  • Infeksi khususnya pada pasien yang memiliki riwayat herpes simpleks.

Efek samping seperti kulit memerah, rasa perih, maupun bekas luka wajar terjadi, bila dialami pasien setelah melakukan peeling. Namun seiring berjalannya waktu semuanya akan hilang.

Chemical peeling adalah alternatif untuk merawat kulit secara modern. Meski begitu, hasilnya tidak bisa permanen. Selain itu, untuk beberapa kasus peeling harus dilakukan beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maskimal.

Share via
Bitnami